Selasa, 22 Agustus 2023

Sekilas info Lompat Jongkok

 Sekilas info Lompat Jongkok

Lompat Jongkok 


Salah satu jenis gerakan senam lantai adalah gerak lompat jongkok. Gerakan ini berguna untuk menjaga kebugaran dan ketangkasan tubuh. Selain itu, lompat jongkok juga kerap dijadikan sarana untuk menguatkan otot dan melatih kelenturannya.


Mengutip Senam Lantai (2020) yang ditulis Imam Syafi'i, pengertian lompat jongkok adalah lompatan yang dilakukan menggunakan peti lompat dengan posisi badan jongkok pada saat melewati peti lompat, serta diakhiri juga dengan posisi yang sama ketika mendarat di lantai.


Dalam literatur senam, peti lompat juga dikenal dengan nama boks khusus atau kuda lompat.


Sebagai bagian dari gerakan senam lantai, lompat jongkok dapat dilakukan di permukaan lantai atau di atas matras, tanpa harus keluar ruangan atau memakai peralatan olahraga yang lain.


Untuk melompat jongkok, hanya dibutuhkan benda yang akan dilompati. Apabila tidak ada benda yang dilompati, Anda dapat meminta bantuan rekan senam untuk membungkuk sebagai tumpuan loncat.


Gerakan lompat jongkok bisa melatih ketangkasan tubuh, yakni sinergi antara kaki, tangan, dan keseimbangan badan. Jika tubuh tidak bisa menjaga keseimbangan saat melompat jongkok, dipastikan tubuh akan jatuh ke samping.


Apabila lompat jongkok dilakukan dengan rutin, hasilnya adalah keseimbangan tubuh yang tinggi, serta menjadikan otot lentur, kencang, dan sehat.

_____

Cat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar