Kamis, 21 Februari 2013

Sekilas info Triathlon atau Tri Lomba

 Sekilas info Triathlon atau Tri Lomba



*Pemahaman Awal


Trilomba atau Triathlon adalah salah satu kompetisi yang terdiri dari beberapa cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda, dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu. 



Trilomba adalah kompetisi yang mementingkan kecepatan waktu, peserta sebisa mungkin harus membagi tenaga dalam setiap tahapnya.





Kata Triathlon berasal dari bahasa Yunani yaitu treis yang memiliki arti tiga dan athlos yang memiliki arti kompetisi. Trilomba merupakan olahraga elite yang sangat digemari di Amerika, Kanada, Australia dan Eropa, kini sedang dikembangkan di berbagai negara Asia dan Afrika. Trilomba melibatkan tiga olahraga berbeda yang mesti dituntaskan secara berurutan.


*Tempat


Umumnya, trilomba dilakukan di dekat perairan terbuka seperti sungai, laut, danau, dan kolam buatan di luar ruangan. Kemudian rute balap sepeda bisa mengambil lokasi yang berada di jalan raya ataupun offroad untuk balap trilomba. 


Untuk rute lari bisa dilakukan di jalan raya, pantai, tanah, pedesaan, dan pegunungan. Di Indonesia, trilomba ini sudah dilaksanakan antara lain di Jakarta, Palembang, Bogor, Surabaya, Bali, Bintan, Pariaman, Jepara, Sibolga, Sungailiat, Belitung, Tapanuli Tengah, dan Pangandaran.

____

Cat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar