Kamis, 21 Februari 2013

Sekilas info Parkour atau Parkur yang masih belum punya kompetesi populer

Sekilas info Parkour atau Parkur yang masih belum punya kompetesi populer 

Parkour 


 Parkur (bahasa Prancis: parkour, pengucapan bahasa Prancis: [paʁkuʁ], kadang-kadang disingkat PK) atau l'art du déplacement (Seni gerak) adalah aktivitas dan olahraga yang bertujuan untuk melewati rintangan dengan efisien dan secepat-cepatnya, menggunakan prinsip kemampuan badan manusia. 



Itu berarti untuk menolong seseorang melintasi rintangan, yang bisa berupa apa saja di sekitar lingkungan dari cabang-cabang pohon dan batu-batuan hingga pegangan tangan dan tembok beton yang bisa dilatih di desa dan di kota.


Beberapa media menyebut istilah "Traceur" atau "Traceuse" (untuk perempuan) untuk penggiat parkur, hal ini tidak sepenuhnya salah. Namun pada kenyataannya, sebutan Traceur dan Traceuse sesungguhnya adalah untuk praktisi parkur generasi pertama yang berlatih bersama David Belle (Founder / pencipta parkur) di Prancis. 



Sedangkan untuk praktisi parkur generasi setelahnya lebih tepat jika disebut dengan "Parkour Practitioner" atau "Praktisi Parkur", atau sekarang sering disebut juga dengan "Parkour Enthusiast" (Orang yang berlatih parkur dengan sepenuh hati dan antusias).


Parkur tidak bisa disebut sepenuhnya sebagai olahraga. Karena parkur tidak mengenal adanya kompetisi (misal di sepak bola ada kompetisi sepak bola nasional), kejuaraan (misal di bulu tangkis ada All England), medali - medali, ataupun tingkatan-tingkatan (misal di taekwondo atau beladiri lainnya disimbolkan dengan sabuk). Di Parkur hanya dikenal istilah Jamming untuk menggambarkan kegiatan kumpul bersama sambil berbagi teknik atau metode latihan sesama praktisi.



Parkur juga tidak bisa disebut murni seni. Karena parkur tidak seperti dance yang mengedepankan keindahan dalam melakukan gerakan dan trik, atau capoeira yang indah dalam jurus. Parkur lebih mengedepankan tentang bagaimana cara kita bergerak dari satu titik ke titik lainnya, sedangkan keindahan adalah bonus.


Untuk lebih tepatnya, parkur lebih pas disebut sebagai "Aktivitas Disiplin". Seperti apa bentuk disiplin di parkur? mungkin anda bisa mulai mencari di web portal parkur indonesia dan bergabung di komunitas kota anda untuk mengetahui hal tersebut lebih dalam.

____

Cat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar